Ekstra Premi, Siapa Takut

 

Calon tertanggung biasanya langsung takut begitu mendengar kata EKSTRA PREMI.

Takut karena artinya mereka harus membayar premi yang lebih besar dibandingkan dengan angka yang tertera di dalam ilustrasi (premi standar).

Kenapa bisa muncul ektra premi? Keputusan ektra premi keluar karena bagian seleksi asuransi menilai calon tertanggung memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan tertanggung pada umumnya.

Seperti kita ketahui membeli polis asuransi artinya calon tertanggung memindahkan risiko ke perusahaan asuransi. Pada saat perusahaan asuransi menilai risiko yang dimiliki calon tertanggung tersebut di atas rata-rata risiko calon tertanggung pada umumnya maka keluarlah keputusan EKTRA PREMI.

 

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan ektra premi diantaranya, yaitu:

  1. Memiliki pekerjaan yang berisiko. Misal tugas kemiliteran atau kepolisian, tugas sebagai awak pesawat, bekerja di pertambangan, bekerja di perusahaan minyak dan gas, industri listrik tegangan tinggi, industri pelayaran.
  2. Memiliki hobi yang berisiko. Misal balap mobil, menyelam, terjun payung, mendaki gunung, polo, ski air.
  3. Berat badan tidak proporsional (obesitas).
  4. Riyawat kesehatan dan kondisi kesehatan pada saat pengajuan aplikasi. Misal dari hasil medical test diketahui menderita hepatitis, TB.

 

Dari mana underwriting dapat mengetahui apakah calon tertanggung memiliki pekerjaan atau hobi yang berisiko?

Underwriting dapat mengetahui informasi tersebut dari jawaban dalam Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) yang telah dilengkapi calon tertanggung.

Bagi calon tertanggung yang bekerja di perusahaan minyak dan gas dan hanya sesekali bertugas di lapangan kemungkinan juga akan terkena ektra premi.

Hal ini karena Manulife tidak menilai berapa banyak frekuensi calon tertanggung berada di site. Jadi, walaupun dalam satu tahun hanya satu kali berada di site sudah cukup untuk dikenakan ektra premi. Satu kali dalam satu tahun merupakan risiko lebih yang harus ditanggung Manulife, karena itu dapat dikenakan ektra premi.

Dengan membayar premi tambahan, Anda akan terlindungi bila terjadi risiko di site. Karena premi standar Anda hanya memberikan perlindungan bila terjadi risiko di luar site. Artinya risiko di dalam site tidak termasuk.

Premi yang dibayar memang lebih mahal, namun arena yang ditanggung juga lebih luas.

Jadi, premi standar hanya menanggung risiko standar. Bila pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan lebih berisiko maka baru akan ditanggung kalau telah membayar premi tambahan.

Untuk pekerjaan atau olah raga tertentu yang berisiko selain dikenakan premi tambahan, calon tertanggung juga hanya dapat mengambil program dasar/asuransi jiwa. Serta tidak dapat mengambil asuransi tambahan (rider) seperti kecelakaan dan cacat tetap, santunan pembebasan premi serta kesehatan. Misalnya untuk hobi menyelam.

Bagaimana calon tertanggung dapat mengetahui bahwa preminya dikenakan premi standar (sesuai dengan ilustrasi) atau ada tambahan ektra premi?

Seleksi risiko calon tertanggung dilakukan oleh underwriting (bagian seleksi risiko asuransi) sehingga kepastian mengenai besarnya ekstra premi baru dapat diketahui setelah pengajuan aplikasi diproses. Pengajuan aplikasi baru akan diproses setelah calon tertanggung melengkapi Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) dan membayar premi pertama.

Untuk ektra premi karena pekerjaan, biasanya agen hanya dapat memberikan gambaran mengenai besaran angkanya. Keputusan final mengenai kepastian premi tambahan ditentukan oleh underwriting setelah menilai risiko pekerjaan berdasarkan jawaban dalam isian SPAJ.

Dalam hal ektra premi yang disebabkan karena kondisi kesehatan. Keputusan ektra premi baru dapat diketahui setelah hasil medical diterima oleh Manulife.

Bagaimana bila calon tertanggung keberatan dengan keputusan ektra premi tersebut?

Bila calon tertanggung menolak keputusan ektra premi maka pengajuan aplikasi dianggap batal dan premi yang telah dibayar akan dikembalikan utuh ke no rekening yang disebutkan di dalam SPAJ.

Jadi, bayar ektra premi siapa takut!

Premi tambahan bukanlan sesuatu yang harus ditakuti. Bila dengan membayar lebih Anda bisa memberikan perlindungan ekstra kepada keluarga kenapa tidak. Pilihan yang bijak akan menentukan kelangsungan keuangan keluarga pada saat Anda tidak ada bersama mereka.

HOT NEWS

PROMO MARET 2020: DISKON 5%-10% SELAMA masa bayar untuk program whole life non unit link MANULIFE ESSENTIAL ASSURANCE* S&K Berlaku

CONTACT INFO

Dessy Riyanti
Manulife Branch Jakarta Gamma Fortuna

Sampoerna Strategic Square

South Tower Lt. 6

Jl.Jend Sudirman Kav.45 - 46

Jakarta 12930 

 

No. Lisensi : 11451067

 

 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Hp/WA/Telegram 0813 1809 8351

 

Disclaimer: Ini bukanlah website resmi asuransi jiwa Manulife Indonesia melainkan blog pribadi yang ditujukan untuk memberikan informasi seputar asuransi jiwa dan produk-produk yang tersedia di Manulife.