Polis Asuransi Jiwa Solusi Dana Darurat (Part 2)

 

Halo, apa kabar

Melanjutkan cerita mengenai resko kehidupan yang telah ditulis dalam artikel sebelumnya ya.

Setelah resiko menjadi tua yang waktunya terukur, di bagian kali ini kita juga perlu mengetahui bahwa ada resiko atau musibah yang waktunya tidak dapat diprediksi alias gak pasti.

Resikonya sendiri pasti ada dan bisa datang secara tiba-tiba tanpa pamit atau kasih tanda-tanda karena merupakan rahasia Tuhan, yaitu:

  • SAKIT
  • KECELAKAAN
  • CACAT
  • MENINGGAL DUNIA

 

Sakit, kecelakaan dan cacat adalah musibah yang mungkin saja bisa terjadi atau mungkin juga tidak.

Sementara meninggal merupakan resiko yang PASTI dapat terjadi pada kita semua namun waktunya kapan hanya Tuhan yang mengetahuinya.

Resiko di atas ada dan bisa saja terjadi namun karena waktunya yang tidak kita ketahui maka diperlukan persiapan yang lebih cermat untuk menghadapi ketidakpastian tersebut. 

Dana darurat perlu dipersiapkan untuk menghadapi resiko ketidakpastian agar dapat meminimalisir dampak yang mungkin timbul.

Dana darurat adalah dana yang sifatnya penting dan mendesak serta harus segera dikeluarkan saat itu juga ketika terjadi salah satu resiko di atas.

Mempersiapkan dana darurat dapat dilakukan dengan dua cara:

  • Disiapkan sendiri
  • Diserahkan kepada perusahaan asuransi jiwa

  

Menyiapkan Dana Darurat Sendiri

Menyiapkan dana darurat sendiri tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Namun, butuh disiplin yang tinggi karena tidak ada denda atau pinalti bila lupa menyisihkan penghasilan untuk porsi dana darurat ini.

Hal yang perlu menjadi pertimbangan bila menyiapkan dana darurat sendiri yaitu apakah bisa dipastikan dana yang tersedia jumlahnya cukup dan likuid apabila SEKARANG juga HARUS dikeluarkan sejumlah nominal yang cukup besar, misal untuk rawat inap dan butuh tindakan operasi.

Apabila dananya tidak cukup maka pilihannya adalah menjual aset yang ada atau meminjam/berhutang pada saudara atau teman.

 

Menyiapkan Dana Darurat Melalui Perusahaan Asuransi Jiwa

Menyiapkan dana darurat melalui perusahaan asuransi jiwa maka ada biaya yang harus kita keluarkan untuk membayar jasa perusahaan asuransi.

Dengan mempercayakan pengelolaannya pada perusahaan asuransi jiwa maka kita memiliki kewajiban untuk mencicil iuran premi.

Premi adalah sejumlah dana yang kita setorkan ke perusahaan asuransi jiwa untuk mendapatkan manfaat proteksi atau perlindungan. Mirip seperti membayar satpam buat berjaga-jaga bila tiba-tiba terjadi resiko.

Perusahaan asuransi jiwa akan membantu mengelola dana dari premi yang kita bayar tersebut, agar pada saat terjadi resiko dapat dikeluarkan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai ilustrasi akan saya buatkan contoh perhitungan premi dan manfaatnya di bawah ini.

Contoh proteksi penghasilan apabila terjadi resiko meninggal dunia:

Pria usia 30 tahun tidak merokok.

Penempatan dana Rp 25 juta per tahun.

Mendapat proteksi income (santunan meninggal dunia) Rp 3.437.500.000*

*Contoh perhitungan premi dari produk unit link Manulife Value Protector Absolute.

 

Satu-satunya perusahaan jasa keuangan yang dapat mengeluarkan dana sebesar Rp 3,4 M secara langsung apabila terjadi resiko meninggal dunia adalah perusahaan asuransi jiwa.

Apabila kita menempatkan dana di bank sebesar Rp 25 juta per tahun, berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk menabung agar dana yang terkumpul bisa berjumlah Rp 3,4 M?

Kita harus menabung selama 137 tahun agar dana sebesar 25 juta per tahun yang kita sisihkan jumlahnya menjadi Rp 3,4 M.

Bagaimana misal apabila di tahun ke-5 terjadi resiko meninggal dunia?

Apakah bank bisa langsung mencairkan dana sebesar Rp 3,4 M dari rekening kita? Jawabannya tentu saja tidak.

Sementara bila kita menempatkan dana di perusahaan asuransi jiwa, jika di tahun ke-5 terjadi resiko meninggal dunia maka perusahaan asuransi akan langusng mengeluarkan santunan kematian sebesar Rp 3,4 M.

Padahal dana yang kita tempatkan di perusahaan asuransi jiwa barulah Rp 125 juta.

Inilah keuntungan menyiapkan dana darurat untuk proteksi penghasilan di perusahaan asuransi jiwa. Manfaat yang kita peroleh pasti akan lebih besar jika dibandingkan dengan cicilan premi yang kita keluarkan.

Bagaimana dengan Anda, rencana apa yang Anda siapkan untuk mempersiapkan proteksi penghasilan bagi keluarga?

 

Bila Anda tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

Serta ingin mengkonsultasikan proteksi income untuk keluarga.

Silakan hubungi saya.

Saya melayani pengajuan aplikasi untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

 

Silakan baca juga:

HOT NEWS

DISKON 20% premi pertama whole life non unit link MANULIFE ESSENTIAL ASSURANCE selama NOVEMBER 2018 ---------- DISKON antara 5% - 35% premi dasar unit link MANULIFE VALUE PROTECTOR ABSOLUTE untuk masuk ke TOP UP Reguler* S&K Berlaku

CONTACT INFO

Dessy Riyanti
Manulife Branch Jakarta Gamma Fortuna

Sampoerna Strategic Square

South Tower Lt. 6

Jl.Jend Sudirman Kav.45 - 46

Jakarta 12930 

 

No. Lisensi : 11451067

 

 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Phone/WA. 0813 1809 8351

 

Disclaimer: Ini bukanlah website resmi asuransi jiwa Manulife Indonesia melainkan blog pribadi yang ditujukan untuk memberikan informasi seputar asuransi jiwa dan produk-produk yang tersedia di Manulife.