Pemeriksaan Kesehatan, Kenapa Diperlukan

 

Pada saat Anda akan membeli asuransi jiwa, pemerikasaan kesehatan menjadi salah satu syarat di dalam proses aplikasi. Ketentuan mengenai pemeriksaan kesehatan ini biasanya berbeda antara perusahaan asuransi jiwa yang satu dengan lainnya.

Tujuan utama dari diberlakukannya syarat pemeriksaan kesehatan yaitu untuk menentukan apakah calon tertanggung layak mendapatkan perlindungan asuransi jiwa. Selain itu juga untuk memutuskan berapa besar premi yang harus dibayar.

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, perusahaan asuransi jiwa akan menilai apakah Anda perlu membayar ekstra premi atau premi standar seperti yang tertera dalam proposal atau ilustrasi.

Premi standar berlaku bila kesehatan calon tertanggung baik. Sementara ekstra premi keluar apabila kondisi kesehatan calon tertanggung kurang baik, namun masih dalam batas yang dapat ditanggung perusahaan asuransi jiwa. Kelebihan berat badan (obesitas) juga dapat menyebabkan keluarnya ekstra premi. Anda yang memiliki kelebihan berat badan memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk menderita penyakit yang dapat menimbulkan kematian seperti diabetes, tekanan darah tinggi, stroke hingga serangan jantung.

Pemeriksaan kesehatan dan sejarah kesehatan calon tertanggung menjadi acuan perusahaan asuransi jiwa dalam menentukan berapa besar risiko yang harus ditanggung. Dalam pemeriksaan ini, pertanyaan yang biasanya diajukan diantaranya seputar sejarah kesehatan Anda, sejarah kesehatan keluarga serta kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol dan penggunaan obat-obatan.

Besarnya uang pertanggungan (UP) menentukan prosedur pemeriksaan yang harus dijalani. Semakin besar UP maka semakin kompleks prosedur yang harus diikuti. Hal-hal yang diperiksa diantaranya mencakup ukuran tinggi dan berat badan, tekanan darah, analisa darah dan urine serta rekam jantung.

HOT NEWS

1. DISKON 10% dari premi pertama program tradisional whole life MANULIFE ESSENTIAL ASSURANCE berlaku hingga AGT 2018 *** 2. DISKON 5% dari premi dasar sebagai FREE Top Up selama bayar untuk program unit link MANULIFE VALUE PROTECTOR ABSOLUTE UP Rp 1 M s/d AGT 2018 ***

CONTACT INFO

Dessy Riyanti
Manulife Branch Jakarta Gamma Fortuna

Sampoerna Strategic Square

South Tower Lt. 6

Jl.Jend Sudirman Kav.45 - 46

Jakarta 12930 

 

No. Lisensi : 11451067

 

 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Phone/WA. 0813 1809 8351

 

Disclaimer: Ini bukanlah website resmi asuransi jiwa Manulife Indonesia melainkan blog pribadi yang ditujukan untuk memberikan informasi seputar asuransi jiwa dan produk-produk yang tersedia di Manulife.