Jenis Asuransi Yang Perlu Dimiliki

 

Seorang teman pernah bercerita bahwa masing-masing suami, anak dan ia sendiri telah memiliki asuransi jiwa. Sementara teman yang lain mengungkapkan ia dan suami telah mendapat asuransi kesehatan dari kantor sehingga hanya mengikutsertakan anaknya pada asuransi jiwa dan kesehatan. Ketika ditawarkan asuransi jiwa untuk sang suami, ia berdalih tidak memiliki budget terlebih telah terlindungi asuransi kesehatan dari kantor.

Asuransi memiliki peranan yang sangat penting untuk melindungi kerugian finansial yang timbul akibat kematian, kecelakaan atau sakit. Karena itu jangan sampai asuransi yang Anda beli salah sasaran yang berakibat menghabiskan dana untuk pengeluaran yang tidak perlu.

 

Berikut adalah jenis asuransi yang perlu dimiliki:

 

Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi ini dibutuhkan oleh semua orang baik itu laki-laki atau perempuan tanpa melihat memiliki tanggungan atau tidak serta sudah berkeluarga maupun belum. Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya kesehatan setiap tahun semakin meningkat. Oleh karena itu asuransi ini dibutuhkan untuk mengganti biaya-biaya rumah sakit yang timbul pada saat kita sakit. Jenisnya ada dua yaitu asuransi kesehatan rawat jalan dan rawat inap.

Perusahaan seringkali memberikan fasilias asuransi kesehatan rawat jalan bagi para pegawainya. Asuransi ini biasanya juga dijual dalam bentuk group dan tidak dapat dibeli secara individu mengingat preminya sangat besar.

Jenis yang kedua yaitu asuransi kesehatan rawat inap. Asuransi ini dapat berdiri sendiri sebagai produk dasar namun ada juga yang dijual sebagai asuransi tambahan (Rider). Sesungguhnya asuransi jenis ini yang perlu Anda miliki karena ketika dirawat bisa dibayangkan berapa dana yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya rumah sakit, dokter, obat-obatan maupun tindakan lainnya seperti operasi. Dengan memiliki asuransi ini, perusahaan asuransi akan mengganti biaya-biaya yang mungkin timbul ketika Anda menjalani rawat inap.

Namun, jika perusahaan tempat Anda bekerja juga telah memberikan fasilitas rawat inap ketika sakit maka Anda tidak perlu lagi membeli asuransi jenis ini. Sakit bukan untuk mencari keuntungan untuk mendapatkan double claim karena memiliki dua asuransi. Pengeluaran pun dapat dihemat untuk tujuan finansial yang lain.

 

Asuransi Jiwa

Asuransi ini dibutuhkan oleh mereka yang telah berkeluarga ataupun memiliki tanggungan. Tujuannya untuk melindungi kerugian finansial yang mungkin timbul ketika pencari nafkah utama meninggal dunia. Sehingga keluarga yang ditinggalkan dapat terus melanjutkan hidup dengan Uang Pertanggungan (UP) yang ditinggalkan. Dana ini dapat digunakan untuk membayar pengeluaran hidup sehari-hari dan sebagian disimpan untuk diinvestasikan.

Salah satu contoh asuransi jiwa yaitu jenis term life yang preminya murah namun bisa mendapatkan UP yang besar. Akibatnya proteksi yang diperoleh bisa maksimal serta saling mendukung dengan tujuan keuangan yang lain.

Karena fungsinya murni proteksi maka UP hanya akan dibayarkan perusahaan asuransi ketika terjadi klaim kematian. Apabila selama masa pertanggungan tidak terjadi klaim maka premi yang telah dibayarkan akan hangus.

Asuransi term life ini hampir sama dengan asuransi kendaraan yang hanya memberikan perlindungan tanpa adanya nilai tunai atau unsur investasi lainnya. Jadi jika Anda sayang dengan kendaraan Anda, sayangi pulalah nyawa Anda karena hal itu mempengaruhi kehidupan orang-orang terdekat seperti keluarga.

 

Asuransi Kecelakaan dan Cacat Tetap

Asuransi ini biasanya dapat dibeli dalam bentuk asuransi tambahan (Rider). Fungsinya sebagai perlindungan apabila terjadi risiko cacat tetap total atau sebagian serta kematian yang diakibatkan karena kecelakaan.

Apabila Anda membeli asuransi ini dengan program dasar berupa asuransi jiwa maka ketika Anda meninggal akibat kecelakaan UP yang diterima ahli waris adalah UP asuransi dasar ditambah dengan UP kecelakaan dan cacat tetap.

Namun jika kematian disebabkan oleh faktor diluar kecelakaan misalnya karena sakit maka UP dari asuransi ini tidak akan keluar.

Asuransi ini penting karena kecelakaan terutama yang terjadi di jalan raya merupakan salah satu penyumbang terjadinya kematian. Terlebih jika Anda sering berpergian baik karena tugas kantor ataupun memiliki hobi travelling. Maka tidak ada salahnya memiliki perlindungan ekstra sebagai proteksi karena kecelakaan.

HOT NEWS

1. DISKON 10% dari premi pertama program tradisional whole life MANULIFE ESSENTIAL ASSURANCE berlaku hingga AGT 2018 *** 2. DISKON 5% dari premi dasar sebagai FREE Top Up selama bayar untuk program unit link MANULIFE VALUE PROTECTOR ABSOLUTE UP Rp 1 M s/d AGT 2018 ***

CONTACT INFO

Dessy Riyanti
Manulife Branch Jakarta Gamma Fortuna

Sampoerna Strategic Square

South Tower Lt. 6

Jl.Jend Sudirman Kav.45 - 46

Jakarta 12930 

 

No. Lisensi : 11451067

 

 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Phone/WA. 0813 1809 8351

 

Disclaimer: Ini bukanlah website resmi asuransi jiwa Manulife Indonesia melainkan blog pribadi yang ditujukan untuk memberikan informasi seputar asuransi jiwa dan produk-produk yang tersedia di Manulife.