Asuransi Term Life, Pilihan Asuransi Jiwa Berbiaya Rendah

 

Anda yang ingin memiliki asuransi dengan premi murah, jenis asuransi term life bisa menjadi pilihan yang sesuai. Karakteristik utama dari asuransi term life diantaranya adalah memiliki premi yang murah, tidak memiliki nilai tunai, memiliki masa perlindungan dalam jangka waktu tertentu dan setelah itu dapat diperbaharui.

Dibandingkan dua jenis asuransi tradisional lainnya yaitu whole life (perlindungan seumur hidup) dan endowment (dwiguna), premi asuransi term life memang lebih murah karena tidak memiliki nilai tunai.

Karena sifatnya yang murni proteksi maka jenis asuransi term life juga cocok bagi mereka yang ingin memisahkan antara fungsi asuransi dengan investasi.

Masa pertanggungan pun bervariasi mulai dari 5, 10, 15 atau 20 tahun dan setelah itu dapat diperpanjang.

Pada saat perpanjangan, premi akan mengalami kenaikan sesuai dengan bertambahnya usia tertanggung.

Misal, Anda mengambil masa pertanggungan 20 tahun. Maka di tahun polis ke-21, premi akan mengalami kenaikan.

Ada baiknya memilih asuransi term life yang memiliki fasilitas perpanjangan otomatis (Guaranteed Renewability). Fasilitas ini memungkinkan tertanggung melakukan perpanjangan polis tanpa perlu melakukan Medical Test ulang.

Hasil Medical Test sangat berpengaruh apakah seseorang layak mendapatkan perlindungan asuransi atau tidak. Apabila Anda punya kebiasaan hidup sehat dan sejarah kesehatan yang baik maka hal itu tidak akan menjadi masalah. Tetapi siapa yang bisa menjamin Anda masih memiliki kesehatan yang prima dalam 5 atau 10 tahun ke depan? Dalam kondisi seperti ini, adanya fasilitas perpanjangan otomatis memberikan keuntungan bagi tertanggung.

Yang perlu diingat adalah karena sifatnya khusus memberikan perlindungan, klaim diberikan apabila terjadi risiko kematian dalam masa pertanggungan. Jika selama masa pertanggungan tidak terjadi klaim maka premi yang telah dibayarkan ke perusahaan asuransi akan hangus.

Kebanyakan orang tidak menyukai kenyataaan bahwa premi yang dibayar akan hangus kalau tidak terjadi klaim. Tetapi coba Anda pikirkan, membeli asuransi tem life berarti membeli perlindungan terhadap penghasilan. Ketika terjadi risiko kematian, sumber pendapatan keluarga tidak langsung terputus begitu saja. Keluarga yang bergantung pada Anda akan menerima sejumlah dana (uang pertanggungan) sebagai pengganti penghasilan. Ditinggal oleh tulang punggung keluarga sudah cukup sulit. Anda tentu tidak ingin menambah kesulitan dengan meninggalkan mereka tanpa aset yang cukup bukan?

Kesimpulannya, term life sesuai bagi Anda yang:

  1. Ingin memiliki asuransi dengan premi murah namun uang pertanggungan besar.
  2. Masih muda dan memiliki kesehatan baik.
  3. Ingin memiliki asuransi dan investasi dalam wadah yang terpisah.

HOT NEWS

DISKON 10% premi pertama whole life non unit link MANULIFE ESSENTIAL ASSURANCE selama OKTOBER 2018

CONTACT INFO

Dessy Riyanti
Manulife Branch Jakarta Gamma Fortuna

Sampoerna Strategic Square

South Tower Lt. 6

Jl.Jend Sudirman Kav.45 - 46

Jakarta 12930 

 

No. Lisensi : 11451067

 

 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Phone/WA. 0813 1809 8351

 

Disclaimer: Ini bukanlah website resmi asuransi jiwa Manulife Indonesia melainkan blog pribadi yang ditujukan untuk memberikan informasi seputar asuransi jiwa dan produk-produk yang tersedia di Manulife.